CONTOH SIMBIOSIS MUTUALISME DAN PENGERTIANNYA

-->
Bahaskata.blogspot.com-Pengertian dan contoh simbiosis mutualisme

Pengertian Simbiosis Mutualisme


Simbiosis Mutualisme adalah Hubungan antarmakhluk hidup yang saling menguntungkan.

Contoh:

1. Lebah dan Bunga
 Pada waktu lebah hinggap di bunga kaki-kaki lebah menyentuh serbuk sari bunga sehingga kaki yang ditempeli serbuk sari tersebut akan menempel pada putik apabila lebah bergerak di sekitar bunga. Serbuk sari kemudian bertemu dengan putik maka terjadilah penyerbukan.Setelah terjadi proses penyerbukan maka terjadilah proses pembuahan. Kerjasama yang terjadi antara bunga dan lebah ini disebut simbiosis mutualisme. 

2. Burung Jalak dan Kerbau
Burung jalak yang memakan kutu di punggung kerbau.Burung jalak yang mendapatkan makanan, sedangkan kerbau menghilangkan kutu-kutu yang ada padanya.

3. Kupu-kupu dan Lebah
Interaksi antara bunga dan kupu-kupu memiliki pola yang sama dengan interaksi bunga dan lebah. Ini juga merupakan contoh simbiosis mutualisme karena kupu-kupu juga memperoleh madu, sedang si bunga terbantu penyerbukannya.

4. Rayap dan Protista
Interaksi rayap dan protista tertentu juga merupakan contoh simbiosis mutualisme.  Rayap dapat memakan selulosa dari kayu-kayuan karena dalam ususnya terdapat protista. Protista membantu rayap dalam mencerna selulosa, sedangkan rayap menyediakan tempat tinggal bagi protista.

5. Manusia dan Bakteri Usus Halus
Bakteri dalam usus manusia membantu kita untuk dapat mencerna makanan dan menguraikan vitamin dalam makanan menjadi vitamin B12. Sedangkan kita menyediakan tempat hidup dan makanan secara terus menerus bagi bakteri tersebut. Interaksi ini tergolong contoh simbiosis mutualisme karena baik manusia maupun bakteri, keduanya memperoleh manfaat dan keuntungan.

6. Burung Oxpecker dan Zebra
Burung Oxpecker biasa memakan kutu dan serangga lainnya yang menjadi parasit bagi tubuh zebra. Sedangkan zebra memperoleh manfaat tubuhnya menjadi bersih dari kutu dan parasit tersebut. Burung oxpecker juga menjadi sinyal pertanda bagi zebra jika ada pemangsa datang. Saat singa atau harimau mengendap untuk menerkam zebra, burung oxpecker akan berteriak dan menjerit.

7. Buaya dan Burung Plover
Burung plover memiliki kebiasaan memakan kotoran atau sisa makanan yang ada di gigi buaya. Dengan kebiasaan tersebut, buaya terbebas dari penyakit mulut dan burung plover memperoleh makanan secara gratis. Oleh karena itu, interaksi ini juga tergolong contoh simbiosis mutualisme.

8. Kelelawar Berbulu Wol dan Kantung Semar

Kelelawar berbulu wol tinggal di tempat yang nyaman di sekitar tanaman kantung semar. Keberadaannya itu membuat kantung semar memperoleh pupuk yang berasal dari kotoran kelelawar yang kaya unsur nitrogen (guano).

9. Alga dan Ganggang
Hubungan antara alga dan ganggang jenis tertentu juga merupakan simbiosis mutualisme, dimana interaksi keduanya menghasilkan likenes. Contoh lainnya adalah hubungan antara Protozoa mixotricha paradoxa dengan jenis rayap bernama Mastotermes darwiniensis dimana keduanya sama-sama memperoleh keuntungan.
-

0 Response to "CONTOH SIMBIOSIS MUTUALISME DAN PENGERTIANNYA"

Post a Comment

KOMENTARMU