Perubahan Wujud Benda Padat, Cair, dan Gas Serta Contohnya

-->
Bahaskata.blogspot.com-Perubahan Wujud Benda Padat, Cair, dan Gas Serta Contohnya

1. Perubahan Wujud Benda Padat 

Biasanya perubahan wujud benda padat disebabkan oleh pengaruh suhu. Perhatikan, jika kita menyalakan lilin maka lilin akan terbakar dan meleleh menjadi cair. Demikian juga jika kita masak menggunakan mentega, mentega yang bentuknya padat jika dipanaskan akan melelh menjadi encer. Jika kita makan es krim, dalam waktu yang tidak lama es akan mencair. Peristiwa melelehnya lilin, margarin, ataupun es krim merupakan contoh perubahan wujud benda dari padat menjadi cair. Peristiwa ini disebut mencair.

Dapatkah benda padat berubah menjadi gas? Jika kita menyimpan kapur barus atau kamper di dalam lemari pakaian, lama kelamaan kamper tersebut habis. Kamper tersebut menguap menjadi gas. Perubahan wujud kamper dari padat menjadi gas disebut menyublim.

2. Perubahan Wujud Benda Cair 

Apakah suhu dapat merubah bentuk benda cair menjadi padat atau gas? Perhatikan peristiwa berikut ini! Jika kita mengamati air yang sedang dimasak dan tidak diangkat meskipun sudah mendidih, lama kelamaan air itu akan berkurang dan mungkin bisa sampai habis. Ke manakah air tersebut? Air tersebut bukan hilang, tetapi berubah wujud dari cair ke uap atau gas. Peristiwa perubahan wujud dari cair menjadi gas disebut menguap

Peristiwa menguap dapat juga kita lihat pada pakaian yang basah kemudian kita jemur maka pakaian akan kering. Dapatkah kamu memberikan contoh lainnya tentang peristiwa penguapan? Coba jelaskan! Sekarang coba kamu perhatikan saat kamu memasukkan  sekantong air ke dalam freezer (lemari pembeku)! Air di dalam kantong yang bentuknya cair akan berubah menjadi es batu yang bentuknya padat. Perubahan wujud benda dari cair menjadi padat disebut membeku. Perubahan wujud dari cair ke padat dapat juga kita lihat pada saat kita membuat agar-agar. Pada saat panas agar-agar berbentuk cair tetapi setealah dingin agar-agar berbentuk padat. 

3. Perubahan Wujud Benda Gas 

Benda gas dapat berubah wujud karena adanya pengaruh suhu. Pernahkan kamu memperhatikan tetesan embun di dedauan pada pagi hari? Dari manakah asalnya air embun tersebut? Sekarang, coba hembuskan napasmu pada kaca! Apa yang terjadi? Apakah kaca menjadi berembun? Jika air panas kita tutup dengan piring, maka bagian atas piring yang dipakai tutup akan menetes air. Air tersebut berasal dari uap air yang berubah menjadi air. Peristiwa perubahan wujud benda dari gas menjadi cair disebut mengembun. 

CONTOH MENYUBLIM
Dapatkah benda gas berubah wujud menjadi padat? Jika kita pernah berkunjung ke kawah gas belerang maka pada dinding-dinding kawah dapat kita lihat gas-gas belerang yang telah berubah menjadi kristal-kristal belerang. Hal ini menunjukkan bahwa benda gas berubah wujud menjadi benda padat. Peristiwa perubahan wujud benda dari gas menjadi padat disebut menghablur. 
-

0 Response to "Perubahan Wujud Benda Padat, Cair, dan Gas Serta Contohnya"

Post a Comment

KOMENTARMU