Cara Membuat Laporan tentang Peristiwa Alam dan Contohnya

-->
Bahaskata.blogspot.com- Cara Membuat Laporan tentang Peristiwa Alam dan Contohnya
Peristiwa alam yang terjadi di Indonesia, seperti banjir, gunung meletus, tsunami, dan gempa bumi dapat kalian buat laporannya. Di dalam laporan tersebut berisi data-data yang terkait dengan peristiwa alam yang terjadi.  Informasi dapat kalian peroleh baik dari media cetak (koran, majalah, dan lainlain) ataupun media elektronik (TV, Radio, atau internet). Kalian tentu dapat membuat suatu laporan yang menggambarkan peristiwa alam yang terjadi di negeri kita ini. Agar kalian mudah dalam pembuatan laporan, perhatikan langkah-langkah pembuatan laporan berikut ini!

1. Menyusun sebuah laporan

Langkah awal untuk membuat suatu laporan adalah dengan cara mengum- pulkan informasi-informasi yang memuat peristiwa atau kejadian yang akan dibuat laporannya. Koran adalah salah satu media yang dapat dijadikan sumber untuk mencari informasi mengenai peristiwa alam yang akan kita buat laporannya.

Laporan dapat disajikan dalam bentuk lisan ataupun tulisan. Dalam hal ini kita akan mempelajari bagaimana membuat laporan dalam bentuk tulisan. Laporan yang kita buat harus sesuai dengan data yang kita dapat dari koran ataupun sumber lainnya. Jadi, laporan bukan sebuah karangan yang kita tulis bebas.

Penyajian yang tepat dengan susunan laporan yang baik akan memudahkan pembaca memahami laporan yang kita buat. Oleh karena itu, kita harus mengerti bagimana penggunaan bahasa yang tepat dan sesuai. Pembuatan laporan ini dapat dilakukan oleh perorangan ataupun berkelompok.

2. Sistematika Pembuatan Laporan

Untuk membuat suatu laporan tentang suatu peristiwa alam yang terjadi di Indonesia, kita perlu membuat urutan-urutan laporan. Hal ini bertujuan agar hasil laporan kita mudah dipahami dan sesuai dengan informasi yang kita dapatkan. Urutan-urutan laporan tersebut kita kenal dengan istilah sistematika pembuatan laporan. Adapun sistematika pembuatan laporan yang baik adalah sebagai berikut.

a. Judul laporan


Judul laporan dibuat dengan kalimat yang singkat dan jelas tidak terlalu panjang. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pembaca memahami laporan apa yang akan kita buat. Contoh judul laporan adalah sebagai berikut.

1) Tsunami di Aceh
2) Gempa Bumi di Yogyakarta
3) Banjir di Jakarta

b. Isi Laporan

Pada bagian isi laporan, kalian perlu memberikan data-data yang berkaitan dengan peristiwa alam. Data-data tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

1) Tempat kejadian, misalnya Jakarta beserta derah-daerah yang meliputi kabupaten, kecamatan, dan kelurahan  yang terkena peristiwa alam tersebut.
2) Waktu kejadian, memuat hari, tanggal, bulan, dan tahun peristiwa alam tersebut terjadi. Misalnya Senin, 26 Maret 2007.
3) Penyebab peristiwa alam tersebut, berisi hal-hal yang menyebabkan mengapa peristiwa alam tersebut terjadi.
4) Data korban yang terkena musibah, berisi data korban meninggal dunia, korban yang mengalami luka ringan, korban yang mengalami luka berat, dan lain-lain.
5) Dampak yang ditimbulkan dari peristiwa alam tersebut, misalnya terganggunya kegiatan belajar karena banjir atau gempa, warga di ungsikan ke tempat yang lebih aman karena gempa atau tsunami. 



c. Sumber-sumber informasi

Memuat peristiwa alam tersebut, misalnya Koran Pikiran Rakyat, Selasa 22 April 2007 atau Liputan 6 SCTV pada hari ..... jam...., dan sebagainya.
-

1 Response to "Cara Membuat Laporan tentang Peristiwa Alam dan Contohnya"

  1. SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANNNYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259 ATAU KLIK SITUS DANA GAIB

    ReplyDelete

KOMENTARMU