Dampak Pengambilan Bahan Alam terhadap Pelestarian Lingkungan

-->
Bahaskata.blogspot.com-Dampak Pengambilan Bahan Alam terhadap Pelestarian Lingkungan
 
Sumber daya alam hayati sebagai sumber daya alam yang dapat diperbarui tetap memiliki jumlah yang terbatas, hasil yang terus berlanjut jangan sampai terlewatkan sehingga tidak terjadi penurunan kualitas lingkungan.  
Contoh penurunan kualitas lingkungan adalah:

- Penggenangan lahan produktif oleh air banjir, pasir dari letusan gunung berapi, pengerasan aspal, banyaknya bangunan sehingga habitat organisme hilang. 
- Penggunaan lahan terlalu sering tanpa pengolahan tanah yang baik sehingga produksi pertanian menurun oleh erosi dan zat hara tanah kosong. 
- Penebangan pohon yang luas tanpa segera ditanami kembali sehingga binatang liar kehilangan habitatnya. 

Beberapa jenis hewan dan tumbuhan sudah punah atau mendekati kepunahan, apa yang menyebabkannya? Kepunahan beberapa jenis hewan dan tumbuhan dapat disebabkan oleh bencana alam seperti banjir, gunung meletus, kebakaran hutan, dan tindakan manusia seperti penggundulan hutan, perburuan, penangkapan tak terkendali, dan sebagainya. 


Bagaimana jika hal ini terus terjadi?  Sewaktu kita mempelajari hubungan antarmakhluk hidup kita tahu bahwa perubahan lingkungan akan menyebabkan ekosistem terganggu, apalagi jika lingkungan semakin rusak bahkan hilang/punah. 

Oleh karena itu, harus terus dilakukan upaya-upaya pelestarian lingkungan antara lain dengan cara : 

1. Tebang pilih yaitu cara penebangan hutan dengan tujuan agar produksi kayu-kayu yang dapat dijual tidak terus menurun dan menyelamatkan tanah dan air.  Pohon yang ditebang yang diameter batangnya 50 cm atau lebih. 
2. Penanaman bibit baru untuk setiap pohon yang ditebang. 
3. Penangkapan musiman untuk ikan untuk menghindari kepunahan dengan cara waktu penangkapan yang diatur agar hewan mempunyai kesempatan untuk berkembang biak dulu. 
4. Keanekaragaman bahan pangan untuk mengurangi gangguan yang bisa merusak persediaan semua jenis pangan misalnya bahan pangan pokok tidak hanya padi tapi jagung, ketela, kentang, dan sebagainya. 

Pelestarian SDA hayati dapat dilakukan dengan cara: 
1. Pelestarian di habitat aslinya (pelestarian in situ). Contohnya bunga bangkai di Bengkulu, dan badak jawa di Ujung Kulon. 
2. Pelestarian di luar habitat aslinya (pelestarian ex situ). Contoh: kebun binatang dan kebun anggrek.
-

0 Response to "Dampak Pengambilan Bahan Alam terhadap Pelestarian Lingkungan "

Post a Comment

KOMENTARMU