Bencana Alam Geologis, Klimatologis, dan Ekstraterestrial

-->
Bahaskata.blogspot.com- Bencana Alam Geologis, Klimatologis, dan Ekstraterestrial

A. Bencana Alam Geologis

Bencana alam geologis adalah bencana alam yang disebabkan oleh faktor yang bersumber dari bumi.

1) Gempa bumi 
Gempa bumi merupakan gejala pelepasan energi berupa gelombang yang menjalar ke permukaan bumi akibat adanya gangguan di kerak bumi berupa patah, runtuh, atau hancur. 

2) Letusan gunung api 
Gaya endogen yang mampu menimbulkan bencana alam adalah letusan gunung berapi. Ketika akan meletus dan saat meletus gunung berapi menimbulkan gaya endogen atau getaran gempa. Material-material yang dikeluarkan saat gunung api meletus sangat berbahaya bagi manusia atau makhluk hidup lainnya. Material tersebut antara lain lahar, awan panas, batu-batuan, pasir, kerikil, maupun debu. 

3) Gerakan tanah atau tanah longsor 
Bencana alam tanah longsor dipicu oleh faktor klimatologis seperti hujan tetapi gejala awalnya disebabkan dari kondisi geologis seperti karakteristik tanah, bebatuan, dan tingkat kelandaian tanah. 

4) Tsunami 
Tsunami merupakan gejala susulan akibat gempa bumi yang berpusat di dasar laut. Perlu kalian ketahui bahwa tidak semua gempa menyebabkan tsunami. Tsunami juga dapat terjadi akibat letusan gunung berapi yang ada di dasar laut. Selain itu runtuhan yang ada di dasar laut juga mampu menimbulkan tsunami. 

5) Seiche atau tsunami dalam skala kecil 
Seiche yaitu ayunan hantaman muka air danau atau waduk pada pantai sekelilingnya akibat guncangan bumi.

B. Bencana Alam Klimatologis

Bencana alam klimatologis adalah bencana alam yang disebabkan oleh cuaca yang berubah.

1) Banjir
Banjir merupakan luapan air yang melebihi batas.

2) Banjir bandang 
Banjir bandang merupakan luapan air yang melebihi batas disertai dengan arus yang kencang, bahkan terjangan arus banjir bandang ini mampu menghanyutkan benda-benda yang dilaluinya. 

3) Badai 
Badai merupakan tiupan angin  yang sangat kencang dan besar. 

4) Kekeringan 
Kondisi iklim yang panas tanpa adanya hujan menyebabkan tanah dan tumbuhan menjadi kering. Saat terjadi kekeringan, air sulit didapat. Banyak tanaman yang mati dan tanah menjadi retakretak karena kekurangan air. Sumber mata air seperti sumur dan sungai menyusut atau mengering. 

5) Kebakaran hutan
Kebakaran hutan ini terjadi bukan karena faktor kesengajaan manusia. Hutan dapat terbakar karena gesekan ranting-ranting kering yang tertiup angin. Gesekan-gesekan yang berulang-ulang tersebut akan menimbulkan percikan api. Dengan kondisi ranting maupun daun yang kering tersebut maka akan mempermudah api menjalar ke seluruh area hutan. 

C. Bencana Alam Ekstraterestrial

Bencana alam ekstraterestrial adalah bencana alam yang disebabkan oleh benda dari luar angkasa.


Hantaman meteor atau benda dari angkasa luar yang menabrak bumi. Hal ini terjadi pada tahun 1908 di Rusia. Meteor atau bintang beralih jatuh ke bumi dan mengakibatkan lubang yang sangat besar menyerupai sebuah kawah.
-

5 Responses to "Bencana Alam Geologis, Klimatologis, dan Ekstraterestrial"

KOMENTARMU