Materi IPA SD Kelas 6 Tentang Hubungan Antara Gaya dan Gerak

-->
Bahaskata.blogspot.com- Hubungan antara Gaya dan Gerak 

Pernahkah kamu mencoba mainan traktor pegas, jungkat-jungkit, dan panah? Model tersebut dapat dibuat dengan mudah, bahan yang diperlukan salah satunya harus memiliki gaya pegas yang dapat mendorong benda lainnya.  Untuk mempelajari hubungan gaya dan gerak, cobalah membuat model traktor pegas, panah, dan jungkat jangkit. 

1. Traktor Pegas 


Mainan traktor sederhana dapat dibuat dari kelosan benang, karet gelang sebagai pegas, lilin, batang kayu, dan paku kecil. Bagaimana cara membuatnya, lakukan kegiatan berikut !







Kelosan atau traktor pegas bergerak karena ada gaya pegas dari karet. Setelah karet diputar dan melintir, karet berusaha untuk kembali ke keadaan semula, karet melawan lilitan tersebut. Akibatnya karet dan kelosan berputar. Jadi gaya pegas pada karet menyebabkan gerak pada traktor mainanmu.

2. Panah


Panah terdiri dari busur dan anak panah. Panah sederhana dapat dibuat dari batang kayu atau belahan bambu yang lentur, tali, dan anak panah terbuat dari bambu atau batang plastik.

Pada panah, gaya pegas terdapat pada busurnya. Tali digunakan untuk menarik busur sampai melengkung. Ketika tali dilepaskan, bentuk busur akan kembali ke semula, menarik kembali tali yang membawa anak panah, sehingga anak panah akan terdorong dengan cepat dan jauh. Menggunakan panah untuk mencapai sasaran yang tepat memerlukan keterampilan yang sangat tinggi.  Oleh karena itu, olahraga memanah termasuk yang dilombakan di Olimpiade. 

3. Jungkat-Jungkit 


Sewaktu kecil, mungkin kamu sering bermain jungkat-jungkit. Sungguh mangasyikkan, bukan? Di kelas 5 kamu telah mempelajari pesawat sederhana. Jungkatjungkit termasuk salah satu pesawat sederhana. Namun, pernahkah kamu berpikir, mengapa jungkat-jungkit dapat bergerak? Untuk mengetahuinya cobalah kamu lakukan kegiatan berikut ini.

Jungkat-jungkit pada awalnya diam (seimbang). Setelah ditekan ke bawah, kemudian dilepaskan, maka jungkat-jungkit bergerak naik turun. Ditekan berarti diberi gaya. Demikian pula ketika jungkat-jungkit diberi uang logam, maka jungkat-jungkit bergerak, mengapa? Uang logam tersebut memiliki berat dan berat itu termasuk gaya. Jadi, gaya menyebabkan jungkat-jungkit bergerak.
-

0 Response to "Materi IPA SD Kelas 6 Tentang Hubungan Antara Gaya dan Gerak"

Post a Comment

KOMENTARMU