Bagian-Bagian Mata dan Fungsinya Lengkap

-->
Bahaskata.blogspot.com-Bagian-bagian mata dan Fungsinya

Bola mata sendiri dilindungi oleh selaput tipis, kelopak mata, rambut mata, dan kelenjar air mata. Kelopak mata berguna untuk berkedip, sehingga bola mata akan terhindar dari kotoran atau benda-benda kecil lainnya. Bulu mata untuk melindungi mata dari debu ketika membuka mata. Alis untuk menghalangi jatuhnya keringat dari kepala ke mata, sedangkan kelenjar air mata untuk menghasilkan air mata. Air mata tersebut berguna untuk membersihkan kotoran yang terdapat di permukaan bola mata dan menjaga mata dari kekeringan.

Kita dapat melihat  benda karena benda itu memantulkan cahaya atau sinar  ke mata kita.  Bagaimana caranya? Mata kita yang tampak dari luar berupa bulatan putih dengan bagian tengah yang bulat dan seringkali berwarna hitam ternyata memiliki bagian-bagian. 

Bagian-bagian bola mata itu adalah : 

1. Selaput tanduk (kornea) yaitu selaput bening di bagian depan bola mata yang berguna untuk melewatkan cahaya yang masuk dari luar. 

2. Selaput pelangi (iris) adalah bagian mata yang mengandung zat warna (hitam, cokelat, hijau, atau biru). 

3. Anak mata (pupil) yaitu lubang pada bagian tengah iris yang berguna dalam mengatur besar kecilnya cahaya yang masuk. 

4. Lensa mata, dapat menjadi cembung atau pipih berguna dalam mengatur pembentukan bayangan. 

5. Selaput keras (sklera) yaitu bagian terluar dari bola mata yang berguna untuk melindungi bagian dalam bola mata. 


6. Selaput koroid yaitu bagian tengah bola mata yang berupa selaput tipis, di dalamnya terdapat banyak saluran darah. Berwarna cokelat karena banyak mengandung zat warna (pigmen). 

7. Selaput jala (retina) yaitu bagian terdalam dari bola mata, berguna untuk menangkap bayangan. 

8. Bintik kuning yaitu daerah yang sangat mudah menerima cahaya yang masuk.

Mata sangat berharga bagi kita. Oleh karena itu jangan sampai rusak atau sakit. Bagaimana agar mata kita tetap sehat? 
Beberapa contoh cara merawat atau memelihara mata sebagai indra penglihat adalah : 

a. Biasakan membaca buku dengan sikap tubuh tegak dengan jarak antara buku yang dibaca kurang lebih 30 cm. Jangan biasakan membaca buku sambil tiduran, karena akan mengakibatkan kelainan pada mata kita. 

b. Bila kita sedang membaca buku atau melihat suatu benda tiba-tiba menjadi buram, maka segera periksakan ke dokter mata.  

c. Jika terasa gatal-gatal pada bagian mata atau mata memerah, segera tetesi dengan obat tetes mata (mintalah bantuan orang tuamu atau orang dewasa lainnya) 

d. Biasakanlah memakan makanan yang banyak mengandung provitamin A, seperti sayuran dan buah-buahan. 


Gangguan pada mata di antaranya adalah rabun jauh atau miopi (tidak dapat melihat benda dari jarak jauh), rabun dekat atau hipermetropi (tidak dapat melihat benda dari jarak dekat) dan mata tua atau presbiopi (tidak dapat melihat benda dari jarak jauh maupun dekat). Cara menanggulanginya harus dengan menggunakan kaca mata.
-

0 Response to "Bagian-Bagian Mata dan Fungsinya Lengkap"

Post a Comment

KOMENTARMU