Bagian-Bagian Telinga Manusia dan Fungsinya Lengkap

-->
Bahaskata.blogspot.com-Bagian-bagian telinga manusia dan fungsinya

Kita dapat mendengar suatu bunyi dari sekitar kita karena adanya bunyi/suara yang masuk melalui telinga kita. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Cobalah tutup telingamu dengan kedua tangan. Apakah kamu dapat mendengar? Tentu kamu tidak dapat mendengar. Apa saja bagianbagian telinga itu sehingga kita bisa mendengar?


Bagian-Bagian dan Fungsi Telinga:

1. Telinga luar terdiri dari daun telinga, lubang telinga, saluran telinga, selaput gendang telinga, dan kelenjar minyak. Telinga luar berguna untuk menangkap bunyi/suara dari luar. 

2. Telinga tengah berupa rongga yang di dalamnya ada saluran Eustachius dan tulang-tulang  pendengar yaitu tulang martil, tulang landasan dan tulang sanggurdi. Saluran Eustachius menghubungkan rongga telinga tengah dengan mulut, sedangkan tulang-tulang pendengar berguna untuk meneruskan getaran bunyi dari telinga luar ke telinga dalam. 

3. Telinga dalam terdiri dari tingkap jorong, tingkap bundar, tiga saluran setengah lingkaran, saluran rumah siput, dan alat keseimbangan. Telinga dalam berguna untuk menerima getaran bunyi/suara yang diterima dari telinga tengah. 

Setelah kamu mengetahui bagian-bagian telinga dan fungsinya, sekarang kamu dapat membayangkan bagaimana jika telinga rusak. Tentu kita akan sulit mendengar bahkan tidak dapat mendengar sama sekali atau sering disebut tuli. 

Oleh karena itu, marilah kita rawat dan pelihara telinga dengan baik, contohnya : 

- Bersihkan kotoran yang terdapat di bagian telinga luar dengan kapas basah yang hangat. Janganlah menggunakan benda tajam ketika membersihkan telinga luar itu, karena bisa terkena infeksi bila tertusuk. 

- Apabila terjadi infeksi bagian telinga tengah akibat kena tusukan benda tajam atau kemasukan air, maka segera periksakan ke dokter. 

- Janganlah memakan obat seperti pil kina berlebihan, karena dapat mengganggu alat pendengar.

- Bila ada suara memekakkan telinga segera tutup kedua lubang telinga agar gendang telinga tidak rusak. 
-

0 Response to "Bagian-Bagian Telinga Manusia dan Fungsinya Lengkap"

Post a Comment

KOMENTARMU