Materi IPA Kelas 6: Macam-Macam Penyerbukan pada Tumbuhan berdasarkan Perantaranya

-->
Bahaskata.blogspot.com- Macam-Macam Penyerbukan

Ada berbagai tumbuhan yang berkembang biak menggunakan biji. Biji terbentuk dari hasil penyerbukan dan pembuahan. Penyerbukan dan pembuahan terjadi pada tanaman yang memiliki bunga. Perkembangbiakan ini dinamakan perkembangbiakan generatif. Masih ingatkah kamu bagian-bagian bunga dan biji? Bagaimana terjadinya penyerbukan dan pembuahan? 


a. Penyerbukan dan Pembuahan 


Bagian bunga yang merupakan alat untuk berkembang biak adalah benang sari dan putik.  Benang sari merupakan alat kelamin jantan, putik merupakan alat kelamin betina. Penyerbukan terjadi apabila serbuk sari jatuh pada kepala putik. Selanjutnya akan terjadi pembuahan dalam bakal buah. 

Pembuahan, yaitu bersatunya sel kelamin jantan dengan sel kelamin betina membentuk individu baru. Setelah terjadi pembuahan, akan menjadi buah yang di dalamnya mengandung biji. Pada biji terdapat bakal calon tumbuhan baru. Jika biji telah masak dapat ditanam dan akan tumbuh menjadi tanaman baru. Biji merupakan hasil penyerbukan dan pembuahan, serta menjadi alat berkembang biak. 

b. Faktor Pembantu Penyerbukan 


Pernahkah kamu melihat lebah hinggap pada bunga? Lebah dapat membantu penyerbukan. Penyerbukan akan terjadi setelah bunga itu masak. Penyerbukan dapat dibantu oleh angin, hewan, dan manusia. Hewan lain yang dapat membantu penyerbukan, misalnya kupu-kupu dan burung. Serbuk sari yang kena tubuh hewan dapat mengenai putik sehingga serbuk sari menempel pada putik karena kepala putik mengandung semacam perekat.

Tanaman yang pernyerbukannya dibantu hewan misalnya jeruk, belimbing, dan kapuk randu. Berbagai jenis tumbuhan seperti jagung, padi, dan rumput-rumputan, serbuk sarinya terbawa dengan perantaraan angin. Untuk meningkatkan produksi pertanian, proses penyerbukan dapat dilakukan oleh manusia untuk memperoleh bibit unggul. Contohnya, tanaman anggrek dan buah-buahan. 

c. Macam-Macam Penyerbukan 


Tumbuhan banyak sekali macamnya. Penyerbukannya pun bermacam-macam. 
Penyerbukan di bedakan menjadi 3 jenis. 
1. Penyerbukan sendiri, artinya serbuk sari yang jatuh ke kepala putik berasal dari bunga sendiri. 
2. Penyerbukan silang, artinya serbuk sari berasal dari tumbuhan lain, tetapi yang sejenis. 
3. Penyerbukan buatan, artinya manusia dengan sengaja menyerbukkan. Hal ini sengaja dilakukan untuk mendapatkan tanaman jenis baru. Misalnya pada tumbuhan vanili.

Berdasarkan asal serbuk sarinya, tumbuhan dibagi menjadi 2 macam yaitu tumbuhan berumah satu dan tumbuhan berumah dua. Tumbuhan berumah satu, artinya pada satu pohon terdapat bunga jantan dan bunga betina, misalnya, tumbuhan jagung dan ketimun. Tumbuhan berumah dua, artinya bunga jantan dan bunga betina terpisah pada pohon lain. Satu pohon hanya mempunyai bunga jantan saja atau betina saja. Misalnya, tumbuhan salak dan pakis haji.

RANGKUMAN


Tumbuhan berkembang biak secara vegetatif dan generatif.

a. Pembiakan secara vegetatif atau pembiakan tak kawin ialah perkembangbiakan dengan bagian tubuh induknya. Pembiakan vegetatif ada 2 jenis, yaitu vegetatif alami dan vegetatif buatan. 
1) Vegetatif secara alami, yaitu dengan spora, tunas, umbi batang, umbi lapis, dan tunas adventif; 
2) Vegetatif secara buatan, yaitu dengan cangkok, okulasi atau menempel, merunduk, dan menyambung atau enten. 

b. Pembiakan secara generatif atau pembiakan secara kawin ialah perkembangbiakan dengan menggunakan biji. Alat perkembangbiakan generatif, dihasilkan melalui peristiwa penyerbukan dan pembuahan, misalnya pada bunga. Penyerbukan terjadi dengan bantuan angin, hewan, dan manusia. 
 
Ada beberapa jenis penyerbukan, yaitu penyerbukan sendiri, penyerbukan silang, dan penyerbukan buatan. 

Tumbuhan berumah satu artinya pada satu tumbuhan terdapat bunga jantan dan bunga betina. Tumbuhan berumah dua artinya bunga jantan dan bunga betina terpisah pada tumbuhan lain.
-

0 Response to "Materi IPA Kelas 6: Macam-Macam Penyerbukan pada Tumbuhan berdasarkan Perantaranya"

Post a Comment

KOMENTARMU