Materi IPA Kelas 6: Perkembangbiakan Tumbuhan Secara Vegetatif Alami dan Buatan

-->
Bahaskata.blogspot.com- Perkembangbiakan Tumbuhan Secara Vegetatif Alami dan Buatan

VEGETATIF ALAMI


1) Tunas 

Pernahkah kamu memperhatikan tanaman cocor bebek? Pada tepi dan ujung daun yang telah tua terdapat tunas. Jika ditanam, tunas itu akan tumbuh menjadi tanaman baru. Tunas itu disebut tunas adventif. Tanaman lain yang berkembang biak dengan tunas, yaitu pisang, cemara, bambu, sukun, dan tebu. Pada tanaman ini tunas adventif tumbuh pada akar.

2. Spora

Jenis tanaman paku-pakuan  sering ditanam orang sebagai tanaman hias, contohnya suplir. Pada bagian bawah daunnya terdapat titik-titik berwarna cokelat yang disebut spora. Spora  berfungsi sebagai alat perkembangbiakan. Jika spora jatuh ke tanah, akan tumbuh tanaman baru.

3. Umbi 

Pernahkah kamu melihat umbi jalar yang ada tunasnya? Umbi ada yang berupa umbi batang, umbi akar, dan umbi lapis. Jika tanaman yang berkembang biak dengan umbi ditanam, dari umbi keluar akar dan tunas sehingga tumbuh tanaman baru. Umbi yang ditanam menjadi sumber makanan bagi pertumbuhan tanaman sebelum mengisap makanan sendiri dari tanah.

Contoh tanaman yang berkembang biak dengan umbi: 
Umbi batang : kentang 
Umbi lapis : bawang merah, bawang putih. 
Umbi akar : wortel, umbi jalar. 

4. Rhizoma 

Amati kencur, lengkuas, dan kunyit yang ada di rumahmu. Kamu akan menemukan ruas-ruas batang. Jika ruas-ruas itu ditanam akan tumbuh tanaman baru. Tumbuhan tersebut berkembang biak dengan rhizoma. Rhizoma disebut juga akar tinggal atau akar tongkat. Rhizoma sebenarnya adalah batang yang tumbuh di dalam tanah. 

VEGETATIF BUATAN


Pembiakan tumbuhan dengan stek, cangkok, dan mengenten sengaja dilakukan oleh manusia. Oleh karena itu, pembiakan yang demikian disebut pembiakan vegetatif buatan. 

1. Stek 

Stek adalah cara pembiakan dengan menanam bagian dari tanaman, misalnya batang. Contoh pembiakan dengan stek, misalnya pada ketela pohon dan tebu. 

2. Mencangkok 

Jenis tumbuhan yang dapat dikembangbiakkan dengan cara cangkok, adalah jenis tumbuhan yang batangnya berkayu atau berbiji belah. Contohnya jambu, jeruk, dan mangga.


Keuntungan pembiakan secara cangkok adalah tanaman baru akan cepat besar dan berbuah, serta memiliki sifat induknya. Artinya, jika buah induknya besar-besar dan manis, maka sifat buah hasil cangkokan akan sama, yaitu buahnya besar dan manis. Sebaliknya, pembiakan dengan biji, tumbuhan akan lama menjadi besar dan lama berbuahnya, serta sifatsifatnya dapat berbeda dengan induknya.
-

0 Response to "Materi IPA Kelas 6: Perkembangbiakan Tumbuhan Secara Vegetatif Alami dan Buatan"

Post a Comment

KOMENTARMU