Materi IPA Kelas 6 Tentang Ciri-Ciri Khusus pada Beberapa Jenis Hewan

-->
Bahaskata.blogspot.com- Ciri-Ciri Khusus pada Beberapa Jenis Hewan 

Jika kamu mengamati ikan hias yang ada dalam akuarium, tutup insangnya bergerak. Mengapa tutup insang bergerak? Tutup insang akan tampak selalu membuka dan menutup pada saat ikan bernapas. Insang merupakan salah satu ciri dari ikan. Ciri lainnya adalah tubuh ikan licin mengandung lendir agar mudah berenang dalam air. Bagaimana dengan hewan-hewan lain. Apakah punya ciri-ciri khusus dalam tubuhnya. 

Pernahkah kamu melihat kelelawar? Apakah ciri-ciri khusus yang dimiliki kelelawar? Kelelawar tidur pada siang hari dan mencari makan pada malam hari. Bagaimana kelelawar dapat mencari makanan dalam keadaan gelap? 

1. KELELAWAR


Kelelawar dapat memancarkan bunyi yang berfrekuensi tinggi melalui mulut atau hidungnya. Bunyi tersebut dipantulkan ke bendabenda, misalnya cabang-cabang pohon atau serangga. Selanjutnya kelelawar akan mendengar gemanya. Dari gema tersebut kelelawar dapat mengetahui letak dan jauh dekatnya makanan atau rintangan-rintangan yang menghalangi terbangnya. 

2. CICAK


Apakah kamu pernah memperhatikan cecak? Mengapa cecak dapat berjalan di dinding ataupun di langitlangit rumah? Kaki cecak tertutup kulit tipis yang memiliki bulu-bulu halus yang banyak. Dengan kaki seperti itu, cecak dapat melekat pada dinding atau langitlangit rumah. Cecak juga mampu memutuskan ekornya untuk mengelabui musuhnya. Ekornya akan tumbuh kembali menjadi lebih lebar dan pendek. Kemampuan cecak seperti ini dinamakan Autotomi.

3. UNTA


Pernahkah kamu melihat unta? Di mana? Unta hidup di gurun. Gurun adalah daerah yang sangat kering dan jarang hujan. Pada siang hari matahari sangat terik dan panas, sebaliknya pada malam hari sangat dingin. Hanya beberapa jenis hewan dan tumbuhan yang dapat hidup di gurun.

Unta dapat hidup di gurun karena unta memiliki bulu mata yang panjang berguna untuk menghalangi cahaya matahari dan untuk menghalangi pasir agar tidak masuk ke mata. Selain itu, unta mampu menutup lubang hidungnya untuk menghindari pasir yang tertiup angin. Kakinya pun panjang supaya badannya jauh dari permukaan tanah yang panas. Pada punggungnya terdapat bagian menggembung berisi lemak yang disebut punuk. Lemak merupakan cadangan makanan sehingga unta dapat bertahan hidup beberapa hari tanpa makan dan minum.

Indonesia termasuk kawasan tropis sehingga banyak jenis hewan dan tumbuhan yang dapat hidup. Hewan-hewan di daerah tropis umumnya berukuran besar. Apakah unta dapat hidup di Indonesia?

4. BEBEK


Kamu tentu pernah melihat bebek yang sedang berenang di kolam atau empang. Mengapa bebek bisa berenang dengan cepat di air? Bebek yang sedang berenang tampak meluncur di air dengan cepat. Hal itu disebabkan oleh adanya selaput renang pada kaki  bebek. Fungsi selaput renang ini adalah untuk pergerakan di air. Selain memiliki selaput renang, bebek juga memiliki paruh yang bentuknya khusus untuk mencari makan di dalam air dan lumpur. Coba kamu perhatikan  bentuk paruh bebek. Paruh bebek bentuknya pipih dan lebar. Pada paruh bebek juga terdapat lempeng saringan yang berfungsi untuk menyaring makanan dari air dan lumpur.

5. GAJAH


Gajah mempunyai belalai untuk mencari makan. Gajah mempunyai daun telinga yang besar, serta kulit yang tebal dan berkerut. Daun telinga yang besar sering dikibas-kibaskan untuk mengusir hewan kecil yang mengganggunya. Kulitnya yang berkerut berguna untuk memperluas permukaan tubuh, sehingga mudah menghilangkan panas tubuh. Bulu yang tumbuh pada tubuhnya pendek dan tipis, jadi gajah tidak kepanasan.
-

0 Response to "Materi IPA Kelas 6 Tentang Ciri-Ciri Khusus pada Beberapa Jenis Hewan "

Post a Comment

KOMENTARMU