Penyesuaian Bentuk Tubuh Hewan terhadap Lingkungan Sekitar

-->
Bahaskata.blogspot.com- Penyesuaian Bentuk Tubuh  Hewan terhadap  Lingkungan Sekitar

Banyak makhluk hidup yang menyesuaikan diri  terhadap lingkungan  dengan cara menyesuaikan  bentuk  tubuhnya terhadap lingkungan  atau menyesuaikan dengan fungsinya. Penyesuaian  bentuk tubuh ini bertujuan untuk memperoleh makanan maupun untuk melindungi diri dari musuhnya. Berikut ini contoh beberapa hewan yang menyesuaikan bentuk tubuhnya terhadap lingkungannya.

A. Burung


Burung memiliki bentuk kaki yang berbeda-beda disesuaikan dengan tempat hidupnya dan jenis mangsa yang dimakannya. Berdasarkan lingkungan dan jenis makanan yang dimakannya, bentuk kaki burung dikelompokkan menjadi lima.

1. Memiliki tiga jari menghadap ke depan dan satu jari bagian belakang tidak tumbuh sempurna. Contohnya: Ayam dan burung unta.

2. Jari kaki berselaput. Contohnya Itik dan angsa.

3. Jari kaki pendek, kuku melengkung tajam, dan cakar kuat untuk mencengkeram.Contohnya Burung elang dan rajawali.

4. Jari terdiri atas empat, dengan dua jari berada di depan dan dua jari lainya berada di belakang.Contohnya Burung pelatuk.

5. Jari kaki panjang dan telapak kakinya datar untuk bertengger di ranting-ranting pohon.Contohnya Kutilang dan kenari.

Bentuk  paruh burung juga beraneka ragam.  Keanekaragaman bentuk paruh burung sesuai dengan jenis makanannya. Perhatikan keanekaragaman bentuk paruh burung Sebagai berikut:

1. Paruh seperti sudu dan pangkal bergerigi berguna untuk menyaring makanan dari air dan lumpur. Jenis makanannya Ikan, cacing.

2. Paruh tajam, kuat, runcing, dan agak membengkok untuk mengoyak makanan yang berupa daging. Jenis makanannya Ular, ayam, kelinci.

3. Paruh pendek, tebal, dan runcing untuk memecah biji-bijian, seperti padi. Jenis Makanan: Biji-bijian.

4. Paruh runcing agak panjang untuk memahat kayu pohon dan menangkap serangga di dalamnya. Jenis Makanannya serangga.

5. Paruh panjang dan berkantong besar pada bagian bawah untuk menyimpan ikan. Jenis makanannya Ikan.

6. Paruh pendek, tebal, dan runcing. Jenis makanannya cacing dan biji-bijian.

B. Serangga


Untuk memperoleh makanannya, serangga memiliki cara tersendiri. Salah satu bentuk penyesuaian dirinya adalah bentuk mulut yang bebedabeda sesuai dengan jenis makanannya. Bedasarkan jenis makanan yang dimakannya, jenis mulut serangga dibedakan menjadi empat, yaitu mulut pengisap, mulut penusuk, mulut penjilat, dan mulut penyerap.

1) Mulut pengisap

Mulut pengisap pada serangga bentuknya seperti belalai yang dapat digulung dan dijulurkan. Contoh serangga yang memiliki mulut pengisap adalah kupu-kupu. Kupu-kupu menggunakan mulut pengisap untuk mengisap madu dari bunga.

2) Mulut penusuk dan penghisap

Mulut penusuk dan penghisap pada serangga memiliki ciri bentuk yang tajam dan panjang. Contoh serangga yang memiliki mulut penusuk dan penghisap adalah nyamuk. Nyamuk menggunakan mulutnya untuk menusuk kulit manusia kemudian menghisap darah. Jadi, selain mulutnya berfungsi sebagai penusuk juga berfungsi sebagai pengisap.

3) Mulut penjilat

Mulut penjilat pada serangga memiliki ciri terdapatnya lidah yang panjang dan berguna untuk menjilat makanan berupa nektar dari bunga, contoh serangga yang memiliki mulut penjilat adalah lebah.

4) Mulut penyerap

C. Unta


Unta hidup di daerah padang pasir yang kering dan gersang. Oleh karena itu bentuk tubuhnya disesuaikan dengan keadaan lingkungan padang pasir. Bentuk penyesuaian diri unta adalah adanya tempat penyimpanan air di dalam tubuhnya dan memiliki punuk sebagai penyimpan lemak. Hal inilah yang menyebabkan unta dapat bertahan hidup tanpa minum air dalam waktu yang lama.Mulut penyerap pada serangga memiliki ciri terdapatnya alat penyerap yang mirip spons (gabus). Alat ini digunakan untuk menyerap makanan terutama yang berbentuk cair. Contoh serangga yang memiliki mulut penyerap adalah lalat.
-

0 Response to "Penyesuaian Bentuk Tubuh Hewan terhadap Lingkungan Sekitar"

Post a Comment

KOMENTARMU