Pengertian Ekspor dan Impor Serta Contohnya

-->
Bahaskata.blogspot.com- Pengertian Ekspor dan Impor

1. PENGERTIAN

Perdagangan ekspor impor adalah perdagangan yang dilakukan antara dua negara atau lebih. Hal ini dikarenakan pembeli dan penjual berada di tempat yang berjauhan, misalnya pembeli di Indonesia sedangkan penjual ada di Amerika. Dalam perdagangan ekspor impor ini terdapat penjual dan pembeli. Akan tetapi keduanya tidak saling bertemu secara langsung. Ekspor adalah kegiatan menjual atau mengirim barang dagangan ke luar negeri sesuai dengan ketentuan pemerintah dengan pembayaran atau mata uang internasional yaitu Dollar Amerika. 

Apa yang dimaksud eksportir? Eksportir adalah perusahaan atau orang yang melakukan kegiatan ekspor. Misalnya Bapak Nata seorang pengusaha batik, beliau menjual barang-barang hasil usahanya tersebut ke Singapura. Nah, itu artinya Bapak Nata melakukan kegiatan ekspor. Jadi Bapak Nata dapat disebut sebagai eksportir. 

Tujuan kegiatan ekspor antara lain: 

a. Meningkatkan laba perusahaan melalui perluasan pasar serta untuk memperoleh harga jual yang lebih baik.
b. Membuka pasar baru di luar negeri sebagai perluasan pasar dalam negeri. 
c. Memanfaatkan kelebihan komoditas yang telah dimiliki. 
d. Membiasakan diri bersaing dalam pasar internasional sehingga mampu bersaing dengan negara lain. 

Impor adalah kegiatan perdagangan dengan cara memasukkan barang-barang dari luar negeri sesuai dengan ketentuan pemerintah dengan pembayaran valuta asing. Importir adalah orang yang melakukan kegiatan impor. Misalnya di Cina terkenal dengan hasil produksi tekstil yang memiliki kualitas bagus. Ibu Wina seorang pedagang kain di Indonesia, untuk melengkapi barang dagangannya ia mendatangkan kain-kain dari Cina. Dengan demikian, Ibu Wina telah melakukan kegiatan impor, jadi Ibu Wina adalah seorang importir. Kegiatan impor ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan barang-barang dengan cara mendatangkan barang yang belum tersedia di dalam negeri dari luar negeri. 

2. Kegiatan Ekspor dan Impor 

a. Kegiatan Ekspor 

Kegiatan ekspor adalah kegiatan memasok suatu komoditi ke negara lain atau kepada orang asing dengan pembayaran menggunakan valuta asing. Dalam kegiatan ekspor ini biasanya menggunakan bahasa asing. Pelaksanaan ekspor dilakukan seorang eksportir. Berdasarkan ketentuan pemerintah, setiap eksportir yang akan melaksanakan kegiatan ekspor biasanya meminta izin kepada pemerintah. Izin untuk melaksanakan ekspor diterbitkan dalam bentuk Surat Pengakuan Eksportir dan kepada eksportir yang bersangkutan diberi Angka Pengenal Ekspor (APE). Eksportir yang bersangkutan hanya diperkenankan untuk melaksanakan ekspor jenis komoditi sebagaimana tercantum dalam Surat Pengakuan Eksportir. 

Contoh kegiatan ekspor: 

1) Seorang perajin sarung dari Tasikmalaya menjual sarung kepada seorang pembeli di Kuala Lumpur sebelum musim haji. Perajin tersebut menerima pembayaran dalam Ringgit Malaysia atau Dolar Amerika. Komunikasi yang dilakukan menggunakan bahasa Indonesia. 

2) Seorang perajin rotan di Cirebon menjual satu container kursi rotan ke Jepang. Pembayaran dilakukan oleh importir Jepang dengan membuka Letter of Credit dalam mata uang dolar. Penawaran dan kontrak jual-beli dibuat dalam bahasa Inggris.

b. Kegiatan Impor 

Setiap importir harus memiliki izin kegiatan pengimporan barang dari pemerintah. Izin dari pemerintah kepada importir dikeluarkan dalam bentuk TAPPI (Tanda Pengenal Pengakuan Importir). Di mana jenis komoditas yang dapat diimpor disebutkan dalam izin tersebut. Untuk mendapatkan barang yang diinginkan harus mengirimkan pesanan kepada eksportir yang ada di luar negeri. Setelah ada kata kesepakatan dan syarat-syarat telah dilengkapi maka barang akan dikirim oleh eksportir ke luar negeri.
-

3 Responses to "Pengertian Ekspor dan Impor Serta Contohnya"

  1. Informasi yang berguna, mungkin ada yang membutuhkan Jasa Forwarding, kami PT. Berdikari Cipta Logistics, Perusahaan PPJK berpengalaman dan terpercaya, jasa kami meliputi | International Forwarding | Custom Clearance | Undername | Trucking, email : info@berta.co.id, http://berta.co.id, Telp. (021) 22874168

    ReplyDelete
  2. jelas sekali kak jadi mengerti sekarang

    Elever

    ReplyDelete
  3. Do you realize there is a 12 word phrase you can tell your partner... that will induce intense emotions of love and impulsive attractiveness to you buried inside his heart?

    That's because deep inside these 12 words is a "secret signal" that triggers a man's instinct to love, cherish and guard you with all his heart...

    12 Words That Trigger A Man's Desire Impulse

    This instinct is so hardwired into a man's brain that it will make him try better than before to build your relationship stronger.

    Matter-of-fact, fueling this all-powerful instinct is absolutely binding to getting the best possible relationship with your man that the second you send your man one of the "Secret Signals"...

    ...You'll soon notice him expose his soul and mind for you in a way he haven't experienced before and he will distinguish you as the only woman in the world who has ever truly understood him.

    ReplyDelete

KOMENTARMU